26 June 2008

Siswa Peduli Pendidikan

Mulai tahun 2008, blog ini diperluas fungsinya. Tidak hanya pengumuman tentang mapel. Sejarah dan Sosiologi, akan tetapi semua berita yang berhubungan dengan SMAN 32, baik itu yang positif (baca: sebagai penyemangat), dan negatif (baca: sebagai introspeksi). Berikut salah satunya:

Edisi: 1 Mei 2006
Siswa Peduli Pendidikan

Kampanye peduli pendidikan untuk memajukan pendidikan di Indonesia yang selama ini dilakukan Yayasan Nurani Dunia (YND) ternyata telah mendapat sambutan dari masyarakat luas, baik lembaga ataupun individu. Sambutan tersebut terbukti dengan begitu banyaknya pihak menghubungi YND menyatakan keinginannya ikut terlibat dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Salah satu lembaga yang ikut serta terlibat dalam memajukan pendidikan adalah siswa-siswi SMA 32 Jakarta. Pada 3 April 2006 lalu YND dihubungi oleh Bapak Amin Fatkhurrohman, Wakil Kepala Sekolah SMAN 32 Jakarta. Beliau menginformasikan kepada YND bahwa di SMAN 32 telah terkumpul sekitar 1.500-an buku yang disumbangkan oleh para siswa. Pengumpulan buku ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama pelajar yang dilakukan SMAN 32 Jakarta.

Untuk menarik minat siswa dalam mengumpulkan buku, SMAN 32 memformat sebuah acara yang cukup unik selama satu bulan lebih (Desember 2005 – Januari 2006), yaitu acara "Surat untuk Sahabat". Dalam acara tersebut dilakukan perlombaan menulis surat dan membungkus kado yang berisi buku-buku pelajaran dan buku cerita. Pembuatan surat, dengan dua bahasa (Indoenesia dan Inggris) ditujukan untuk memberikan dukungan moril kepada para siswa-siswi yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Setelah terkumpul, surat-surat tersebut diseleksi oleh para guru bahasa (Indonesia dan Inggris) untuk menentukan siapa yang berhak atas hadiah yang disediakan oleh pihak sekolah. Surat yang telah diseleksi dikirim langsung ke SMAN 2 Banda Aceh. Antusias siswa terhadap program tersebut cukup tinggi. Ini terlihat dari banyaknya jumlah siswa-siswi yang ikut serta dalam kompetisi tersebut - sekitar 800-an siswa ikut berpartisipasi.

Berbagi kepada sesama siswa terlebih mereka yang tertimpa musibah merupakan misi utama dari acara tersebut selain ikut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Rencana awal, buku-buku tersebut akan dikirim langsung oleh pihak SMAN 32 Jakarta kepada siswa-siswi korban gempa bumi dan tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam. Namun karena kendala proses pengiriman, maka pada tanggal 13 April 2006 pihak SMAN 32 menyerahkan buku-buku tersebut sekaligus memberikan amanat kepada YND untuk menyalurkannya kepada sekolah-sekolah / siswa siswi yang benar-benar memerlukan buku-buku tersebut.

YND berharap kegiatan yang dilakukan oleh SMA 32 tidak berakhir sampai di sini, namun bisa dilanjutkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan pendampingan kepada masyarakat sekitar serta bisa menjadi pengerak sekolah atau siswa lain untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. (Sumber: http://www.nuranidunia.or.id/baru/berita.php?bid=9)

No comments: